Ada kesalahan di dalam gadget ini

Rabu, 16 Mei 2012


Sirojul Huda Wahab di Sirojul Huda - 1 minggu yang lalu
Pendidikan Agama & Akhlak (Sebuah catatan untuk yang sedang atau akan menuntut ilmu) Saya sedih sekali melihat keadaan saudara-saudara muslim kita saat ini. Oleh karenanya saya menuliskan pada blog http://mutiarazuhud.wordpress.com dalam rangka mengingatkan dan menjelaskan kepada saudara-saudara muslimku. Apapun istilah atau propaganda yang tanpa mereka sadari ikuti, modernisasi agama, fundamentalis agama, pemabaharuan agama, ijtihad baru, persatuan dalam negara atau nasionalisme menggantikan persatuan dalam agama, taat pada penguasa negara yang mereka katakan ulil amri dll. Semua ... lainnya »

Gus Dur

Sirojul Huda Wahab di Sirojul Huda - 1 minggu yang lalu
Kemarin, Sabtu, 26 Pebruari 2010, saya diundang oleh Ikatan Sarjana Nahdlatul Ulama (ISNU) Jawa Timur untuk membahas tentang ”Implementasi Pemikiran Gus Dur terhadap Jam’iyah Nahdlatul Ulama yang Berkualitas dan Berdaya Saing Global”. Acara ini dihadiri oleh KHA. Muchid Muzadi, Ulama NU senior, dan Dr. M. Faqih, dari Institut Teknologi Surabaya (ITS) Sepuluh Nopember Surabaya dan dipandu oleh Dr. Mahmud Mustain, juga dari ITS. Diskusi ini menjadi menarik karena akan dijadikan sebagai materi persiapan Mu’tamar NU ke 32 di Makassar. Dan hasil seminar ini akan dijadikan sebagai rujukan... lainnya »

Pendidikan Akhlak

Sirojul Huda Wahab di Sirojul Huda - 1 minggu yang lalu
Kemarin, 25/07/2010, di Auditorium IAIN Sunan Ampel diselenggarakan acara seminar pendidikan dengan tema “Menggagas Sistem Pendidikan Islam, Tantangan Pendidikan di Era Globalisasi” dengan Nara Sumber, saya dan Prof. Abdul Haris dan dihadiri oleh sejumlah peserta yang terdiri dari dosen dan alumni Fakultas Tarbiyah IAIN Sunan Ampel. Acara ini memang merupakan acara temu kangen para alumni Fakultas Tarbiyah, akan tetapi sekaligus dipadukan dengan seminar tentang pendidikan Islam. Di dalam kesempatan ini, maka saya mengungkapkan bahwa isu yang sekarang sedang dominan adalah bagaimana ... lainnya »

Pendidikan Di China

Sirojul Huda Wahab di Sirojul Huda - 1 minggu yang lalu
ENDAHULUAN China merupakan Negara yang sering kita kenal sebagai Negara yang maju akan pendidikannya. Seperti halnya telah disebutkan dalam sebuah hadits “ carilah ilmu sampai negeri china”. Untuk itu kami akan menjelaskan sedikit mengenai Negara China, baik dari sistem pemerintahan maupun letak geografisnya. PEMBAHASAN STUDI TENTANG POTRET SISTEM PENDIDIKAN DI CHINA A. Potret Sistem Pemerintahan Republik Rakyat Cina juga disebut Republik Rakyat Tiongkok/RRT Adalah sebuah negara komunis yang terdiri dari hampir seluruh wilayah kebudayaan, sejarah, dan geografis yang dikenal sebagai C... lainnya »

Tanpa judul

Sirojul Huda Wahab di Sirojul Huda - 1 minggu yang lalu

Tanpa judul

Sirojul Huda Wahab di Sirojul Huda - 1 minggu yang lalu

BAB V

Sirojul Huda Wahab di Sirojul Huda - 1 minggu yang lalu
BAB V PENUTUP A. Kesimpulan Berdasarkan uraian-uraian pada bab sebelumya telah memperjelas kenyataan bagaimana internet dan teks buku pelajaran telah ditempatkan sebagai salah satu sumber informasi bagi siswa MTs. Tholabuddin Masin. Berkenaan dengan itu, data yang diperoleh dari lapangan pada penelitian ini menunjukan bahwa terdapat variasi yang berbeda diantara siswa MTs. Tholabuddin Masin dalam memanfaatkan internet dan teks buku pelajaran yang dimuat pada Bab IV di atas, maka dapatlah ditarik beberapa kesimpulan antara lain: 1. Dilihat dari aspek pemanfaatan internet seperti, freku... lainnya »

BAB IV

Sirojul Huda Wahab di Sirojul Huda - 1 minggu yang lalu
BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN A. Deskripsi Singkat Lokasi Penelitian 1. Letak Geografis Letak geografis yang dimaksud adalah daerah atau tempat dimana MTs. Tholabuddin Masin berada dan melakukan kegiatan belajar mengajar sebagai lembaga pendidikan formal. MTs Tholabuddin Masin menempati tanah dan gedung milik sendiri seluas 4.930 m² yang terletak di Kabupaten Batang, tepatnya di desa Masin kecamatan Warungasem. Jaraknya dari Kabupaten Batang kurang lebih 7 km dengan kondisi jalan yang bagus. Sedangkan kecamatan Warungasem berada di sebelah timur berbatasan dengan Kota Pekalo... lainnya »

BAB III

Sirojul Huda Wahab di Sirojul Huda - 1 minggu yang lalu
BAB III METODOLOGI PENELITIAN A. Jenis dan Desain Penelitian Jenis penelitian ini adalah penelitian diskriptif lapangan yang mempelajari dan menggambarkan secara intensif latar belakang, status dan interaksi lingkungan yang terjadi pada suatu satuan sosial seperti individu, kelompok atau lembaga. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah korelasional prediktif dua prediktor (Winarsunu, 2004: 12). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, yaitu penelitian yang penyajian datanya berupa angka-angka dan menggunakan analisa statistik biasanya bertujuan untuk menunjukkan ... lainnya »

Cerita, "Keong"

Jihaduddin Fikri Amrullah di Sirojul Huda - 3 bulan yang lalu
Seekor keong muda tampak memperhatikan kegiatan satwa di kelilingnya. Ada burung-burung yang mampu terbang tinggi. Sejumlah kelinci yang asyik berlari-larian di rerumputan hijau, melompat kesana dan kemari. Ikan-ikan yang begitu menikmati sejuknya alam air danau yang begitu luas. “Aih asyiknya mereka,” ucap sang keong menampakkan kekaguman. Saat itu juga, sang keong muda menyadari sesuatu dari dirinya yang dirasa begitu banyak kekurangan. Ia tak bisa terbang seperti burung. Tak bisa berjalan cepat, apalagi berlari dan melompat, seperti kelinci. Dan tak bisa berenang seperti ikan-ik... lainnya »

Cerita, "Jam"

Jihaduddin Fikri Amrullah di Sirojul Huda - 3 bulan yang lalu
Seorang anak batita begitu terheran dengan benda berbentuk lingkaran yang dipenuhi angka-angka. Tiga buah jarum yang menunjuk angka-angka di lingkaran itu pun kian membuatnya tercenung. Ada jarum tipis warna merah yang menunjuk dari satu angka ke angka lain dengan begitu cepat. Ada jarum yang lebih tebal dan lebih panjang yang bergerak lebih lamban. Dan, ada jarum pendek gemuk yang nyaris tak bergerak, tapi bisa berpindah ketika dalam waktu lama tak diperhatikan. Yang lebih menarik dari semua pemandangan di benda itu adalah ketika pada saat tertentu, ada burung mainan yang tiba-tib... lainnya »

Cerita, "Tanah Warisan"

Jihaduddin Fikri Amrullah di Sirojul Huda - 6 bulan yang lalu
Ada empat anak yang baru saja mengalami duka setelah kematian kedua orang tuanya. Sebuah surat wasiat pun mereka terima dari orang yang mereka cintai itu. Setelah urusan jenazah kedua orang tuanya selesai, empat anak itu pun membuka surat berharga itu. Ternyata, surat itu menyebutkan bahwa keempat anak itu diberikan pilihan untuk memiliki empat bidang tanah yang berlainan tempat. Ada bidang tanah yang begitu hijau dengan begitu banyak pepohonan kayu yang bisa dijual. Ada bidang tanah yang berada di tepian sungai jernih, sangat cocok untuk ternak berbagai jenis ikan. Ada juga bidang... lainnya »

Cerita, "Si Zebra"

Jihaduddin Fikri Amrullah di Sirojul Huda - 6 bulan yang lalu
Salah seekor kuda zebra di sebuah hutan mempunyai kelebihan tersendiri di banding hewan-hewan liar lain. Sosoknya besar dan kekar, tapi perangainya begitu lembut. Tidak heran kalau banyak hewan begitu hormat padanya. Sebegitu hormatnya, sebagian besar hewan bersepakat untuk mendudukkan si zebra besar itu menjadi pemimpin mereka. Hampir hewan apa saja, mulai dari burung, rusa, gajah, kuda, bahkan srigala sekalipun. Hewan-hewan itu berharap banyak pada si zebra besar. Terutama, agar si zebra besar bisa berani memimpin mereka melawan singa gondrong yang selalu semena-mena. Hampir semu... lainnya »

Cerita, "Air"

Jihaduddin Fikri Amrullah di Sirojul Huda - 6 bulan yang lalu
Seekor anak rusa tampak berlari kecil di tepian sungai. Ia melompat dari bebatuan satu ke bebatuan lain yang berserakan di sepanjang sungai. Rasa dahaganya yang begitu tak tertahankan tidak melunturkan niatnya untuk mencari mata air yang jernih. Karena di situlah, ia dan ibunya biasa minum. Sayangnya, karena longsoran tanah tepian sungai, mata air tampak tidak lagi jernih. Warnanya agak kecoklatan. “Ih, kok tidak jernih,” ujar anak rusa sambil mencari aliran mata air ke arah aliran sungai. Ia terus menelusuri aliran sungai yang berada lebih bawah dari lokasi mata air. Sayangnya, ki... lainnya »

Xenia Dituntun Anaknya Menemukan Islam di Usia Senja

Jihaduddin Fikri Amrullah di Sirojul Huda - 7 bulan yang lalu
ATHENA - Sebelum pergi ke Inggris, Xenia hanya mengenal satu agama, Kristen Ortodoks. Dia lahir, dibesarkan, dan tinggal di Athena, Yunani, Sebelum akhirnya terbang ke Inggris tahun 1970-an untuk melanjutkan pendidikannya. Di negeri inilah, cakrawalanya terbuka. Ia mengenal ada banyak agama di dunia ini. Islam salah satunya. Namun, ia tak berniat mempelajarinya, karena nyaman dengan agama yang dianutnya sejak kecil. "Saya dibesarkan dalam keluarga yang hangat walau tak begitu taat beribadah," ujarnya. Usai kuliah, ia tak kembali ke negerinya. Seorang pemuda setempat memikat hatinya... lainnya »

Cerita, "Orang Tua Terbaik"

Jihaduddin Fikri Amrullah di Sirojul HUda - 7 bulan yang lalu
Awalnya aku iri padamu kawan. Aku iri pada semua anak di dunia yang memiki orang tua yang menyangi anaknya dan selalu ada waktu untuk keluarganya. Bisa mengobrol dangan ayah itu pasti asyik. Atau bisa curhat pada ibu juga pasti lebih melegakan daripada curhat kepada teman. Tetapi tidak dengan orangtuaku. Ya, orangtuaku. Mereka adalah manusia super sibuk. Ibuku setiap pagi harus pergi mengajar anak anak lain sepertiku, dan pulang di siang hari. Dan malamnya ia pakai untuk mengerjakan tugas tugasnya sebagai guru, memeriksa tugas dan ulangan mereka. Dan sisa waktu luangnya ia gunakan ... lainnya »

Cerita, "Jalan Menuju Harta Karun"

Jihaduddin Fikri Amrullah di Sirojul HUda - 7 bulan yang lalu
Pada suatu kala, seorang pria sedang berjalan di sebuah tempat untuk mencari harta karun. Sampai akhirnya, tibalah ia di sebuah jalan bercabang tiga. Kebetulan ada orang tua yang sedang berdiri di pinggir persimpangan jalan tersebut. Pria itu sedang bingung karena ada tiga jalan menuju arah yang berbeda. Ia pun sulit memutuskan mau memilih jalan yang ingin ditempuh. Lalu ia bertanya pada orang tua tersebut, “Hai, pak tua. Bolehkah saya bertanya? Saya sedang dalam perjalanan mencari harta karun. Tapi di depan saya ada tiga jalan yang berbeda. Bolehkah bapak menunjukkan kepada saya j...lainnya »

Kisah, "Mengapa Saya Berhijab"

Jihaduddin Fikri Amrullah di Sirojul Huda - 1 tahun yang lalu
(Sebuah kisah nyata Sdr. SEKAR) Jujur, saya tidak memiliki jawaban yang pasti, Saya HANYA ingin pulang, kembali ke ALLAH … Yang dapat saya rasakan adalah…. Sudah bukan waktunya lagi berlari-lari mencari kebahagian versi dunia tentunya… Yang setelah saya peroleh semuanya … Lalu saya merasa bahwa bukan ini, dan bukan itu arti bahagia,.. Lalu DIMANA….? Dan saya mengayunkan langkah untuk mencari ALLAH, Dan langkah pertama saya adalah mengenakan Jilbab. Sumber idenya adalah dari sifat romantisme saya, Jika saya ingin mendekat kepada kekasih saya… Maka hal pertama adalah saya harus mempercant... lainnya »

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar